Home

Perusahaan wajib membayar lembur pekerja yang diminta bekerja di hari Pilkada!

Kewajiban membayar lembur pekerja adalah salah satu konsekuensi apabila perusahaan tetap beroperasi di hari pemilihan kepala daerah (Pilkada) seperti Pemilihan Gubernur DKI Jakarta. Hal ini merupakan dampak dari ketentuan UU No.32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah bahwa pemungutan suara dilakukan di hari libur atau hari yang diliburkan. Sedangkan di sisi lain, karena pekerja tidak wajib bekerja pada hari-hari libur resmi maka bila tetap bekerja mereka berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja yang lembur di hari libur resmi. (lihat Kepmen Waktu Kerja Lembur)

Selain itu, yang tidak kalah penting adalah perusahaan juga harus tetap memastikan bahwa pekerja yang memiliki hak pilih tetap dapat melaksanakan hak pilihnya. Jadi harus diatur waktu kerjanya sedemikian rupa sehingga pekerja dapat melaksanakan hak pilihnya. Pengaturan ini diperlukan agar perusahaan tidak dianggap merintangi pekerja untuk memberikan hak pilihnya yang diancam hukuman pidana.

“Barang siapa pada waktu diadakan pemilihan berdasarkan aturan-aturan umum, dengan kekerasan atau ancaman kekerasan dengan sengaja merintangi seseorang memakai hak pilihnya dengan bebas dan tidak terganggu, diancam pidana penjara paling lama satu tahun empat bulan” (KUHP pasal 148)

Pedoman pelaksanaan ketenagakerjaan di hari libur Pilkada ini secara formal dituangkan Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tahun 2005 di bawah ini:

Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi tentang Hari Libur Pelaksanaan Pemungutan Suara Dalam Rangka Pilkada

Untuk yang butuh SK Mendagri penetapan tanggal 20 September 2012 sebagai hari libur dapat lihat di posting ini

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s