Download SK Mendagri Penetapan Hari Pemilihan Pilkada DKI Putaran 2 sebagai Hari Libur

Untuk yang membutuhkan salinan SK Mendagri yang menetapkan tanggal 20 September sebagai hari libur terkait hari pemilihan di Pilkada DKI putaran 2, dapat mendownload di sini.

Implikasi bila perusahaan beroperasi di DKI saat hari Pilkada dapat dibaca di posting Hak Pekerja Atas Upah Lembur Saat Bekerja di Hari Libur Pilkada

Bagi yang membutuhkan salinan Surat Edaran Menakertrans yang mengatur pedoman pelaksanaan ketenagakerjaan di hari libur Pilkada juga ada di posting Hak Pekerja Atas Upah Lembur Saat Bekerja di Hari Libur Pilkada

Cuplikan SK Mendagri dimaksud:

Kutipan SK Mendagri

Kutipan SK Mendagri Penetapan 20 September 2012 sebagai hari libur di DKI

About Erwin Muniruzaman

A seasoned and intelligence HR practitioner with a span of more than 12 years on overall HR experience practice in leading companies of Banking and Retail industry. Leveraging his vast knowledge on Indonesian HR practices and regulations, to build a Performance Culture organization. Currently managing all HR strategy and policies in a multiformat retail business group with almost 15.000 employees in 33 cities across Indonesia. Act as a trusted advisor to member of Board of Directors on HR matters and responsible to align HR Strategies and Initiatives with busines strategic planning. Together with HR Director have transformed a passive and administration focus HR team into more adaptive, dynamic and modern HR team that always aligned its strategy with business strategy and needs. A passionate and HR enthusiast that always eager to share his ideas, opinions and experiences about HR related topics (especially Indonesian cases) to public, as a speaker as well as a HR blog writer in his personal blog/LinkedIn Profile : http://www.mewarisgagasan.wordpress.com https://id.linkedin.com/erwinmuniruzaman

6 comments

  1. Pingback: Hak Pekerja Atas Upah Lembur Saat Bekerja di Hari Libur Pilkada | Mewaris Gagasan – Just Sharing Ideas

  2. diah

    berikan suara yg terbaik ,semoga hasilnya bermanfaat dan bagi yg mengemban amanah harus dijaga dengan baik…insyaallah barokah untuk semua

  3. Nia Hesty

    mohon informasinya, jika perusahaan tempat saya bekerja tidak meliburkan karyawannya di tanggal 20 september 2012, kemanakah saya bisa melaporkannya? terima kasih atas saran yang diberikan.

  4. Bila memang ada pelanggaran ketenagakerjaan, tentu saja lapornya ke Disnaker setempat.

    Namun demikian perlu dicermati dahulu apa yang dilanggar perusahaan, karena bisa jadi perusahaan punya alasan pembenar untuk tetap beroperasi di hari libur.

    Dalam Pasal 85 Ayat (2) Undang-Undang Ketenagakerjaan disebutkan pengusaha dapat memperkerjakan pekerja pada hari libur resmi apabila:
    – jenis dan sifat pekerjaan tersebut harus dilaksanakan atau dijalankan secara terus menerus
    – atau pada keadaan lain berdasarkan kesepakatan antara pekerja/ buruh dengan pengusaha.
    Lebih lanjut dijelaskan dalam penjelasan pasal tersebut bahwa ketentuan ayat ini dimaksudkan untuk melayani kepentingan dan kesejahteraan umum. Disamping itu untuk pekerjaan yang karena sifat dan jenis pekerjaannya tidak memungkinkan pekerjaan itu dihentikan.

    Yang lebih mendasar sebetulnya adalah memastikan perusahaan yang beroperasi di hari libur Pilkada:
    1. Memberi kesempatan kepada pegawainya untuk memilih atau menjalankan tugas sebagai panitia pemilihan
    2. Membayar lembur kepada pegawai yang bekerja sesuai jam kerja efektifnya.

    Mudah-mudahan jawaban ini membantu.

  5. dhede

    kantor saya (prhsn asuransi) juga telah mengeluarkan pengumuman untuk tidak meliburkan pada hari pelaksanaan pilkada besok. Keputusan manajemen dikeluarkan tanpa melakukan diskusi dengan serikat pekerja.

    Manajemen kami memang menyatatakan akan memperhitungkan sebagai lembur, tapi ada beberapa hal dipaksakan dan patut dipertanyakan. Antara lain :

    1) menetapkan jam masuk karyawan (jam 12 siang), yang apabila tidak dipenuhi akan dianggap sebagai keterlambatan (yang mempengaruhi penilaian). Apakah memang boleh memberlakukan aturan seperti itu ?

    2) upah lembur hanya dibayarkan kepada karyawan yang berada dalam golongan clerk ke bawah. Karyawan dengan golongan diatas clerk, tidak mendapatkan upah lembur. Apakah hal ini dibenarkan?

    3) Walaupun memang di PKB tertulis bahwa untuk pekerja golongan chief ke atas tidak berhak memperoleh uang lembur, tapi dalam keadaan dimana pembayaran sebagai lembur (hari libur)diwajibkan dalam surat edaran kepmenakertrans?

    jawaban dan penjelasan bapak sangat kami tunggu🙂
    terima kasih banyak..

  6. menurut pendapat saya:
    1. Prinsipnya penetapan waktu kerja memang kewenangan dari perusahaan/manajemen. Jadi boleh-boleh saja menetapkan waktu masuk siang hari disesuaikan dengan operasi perusahaan.
    Namun perlu diingat, di sisi lain, pada hari libur resmi, pekerja tidak wajib bekerja, sehingga kalau diminta masuk dan ybs bersedia, dihitung lembur di hari kerja.
    Apakah boleh memberlakukan aturan keterlambatan dll, kalau menurut hemat saya boleh. Ilustrasinya analogi dengan toko di Mall yang justru beroperasi di hari libur, jika mereka tidak memberlakukan aturan keterlambatan maka operasional bisnis bisa terganggu.

    2. Upah lembur hanya dibayarkan kepada clerk ke bawah dapat dibenarkan, karena memang ada golongan jabatan tertentu yang tidak berhak atas upah lembur dengan kriteria:
    – mendapat upah yang lebih tinggi
    – termasuk yang memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannya perusahaan yg waktu kerjanya tidak dapat dibatasi menurut waktu kerja yg ditetapkan perusahaan.
    Rujukan hal ini dapat dilihat di pasal 4 KepMen 102/2004 yang mengatur waktu kerj dan upah lembur (download di http://wp.me/p2F3zl-4m )

    3. Untuk pembayaran tetap mengacu butir 2, bila selama ini pada hari libur atau di luar jam kerja tidak menerima upah lembur maka pada hari libur ini juga tetap tidak menerima upah lembur.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: