Apakah anda pernah menonton film Ninja, kelompok misterius dari Jepang? Dalam film, seorang Ninja selalu digambarkan bekerja dalam bayangan. Seorang Ninja yang sukses tak pernah terlihat saat melaksanakan misinya. Saat misi nya berhasil tak seorang pun tahu bahwa misi itu dilaksanakan oleh Ninja. Namun apabila seorang Ninja gagal dalam melaksanakan misinya dan ketahuan maka semua pihak akan mencarinya. Dia akan dijadikan kambing hitam baik oleh sasaran misi maupun pemberi perintah.

Jenis pekerjaan seorang Ninja adalah pekerjaan yang sunyi karena tak seorang pun mengetahui selain dirinya. Pekerjaan Ninjaaayang sepi dari penghargaan publik dan rasa terimakasih. Jauh dari pencitraan. Untuk berhasil sebagai seorang Ninja, membutuhkan orang yang berkarakter kuat, berdedikasi menyelesaikan tanggung jawab walau tak ada orang lain yang mengetahui. Seorang Ninja harus fokus pada proses yang benar dan membutuhkan kesabaran sambil tetap berorientasi pada hasil sesuai target. Tak bisa seorang menjadi Ninja bila ia haus popularitas dan selalu update status di sosial media.

Jadi menurut saya, seorang yang berkarakter seperti Ninja akan bisa menjalankan tugas dan fungsi HR Service secara pas, karena pekerjaan HR Service juga pekerjaan yang membutuhkan dedikasi dan sepi dari penghargaan publik. Tak akan ada karyawan yang ingat untuk berterimakasih pada team Payroll yang telah membayarkan gaji dan lembur tepat waktu tanpa ada kekeliruan. Tak akan ada karyawan yang kenal nama team HR Service manakala semua kebutuhan layanan administrasi karyawan dan medical berjalan lancar tepat pada waktunya. Jadi bak seorang Ninja, manakala pekerjaan berjalan lancar, tak akan ada orang yang menyadari kehadiran team HR Service.

Tapi manakala ada kekeliruan atau ada keterlambatan pembayaran payroll, maka semua orang akan mencari team HR Service. Karyawan akan mengirimkan komplain, atasan akan mempertanyakan. Mirip sekali dengan Ninja yang ketahuan gagal menjalankan tugas, dicari dan dikejar kejar semua orang.

Jadi, bila anda mencari orang untuk menjadi team HR Service carilah seorang Ninja.