Waspada! Panggilan Rekrutmen Berujung Penipuan Tiket

Di saat warga Indonesia sedang heboh membahas dugaan pencatutan nama Presiden untuk kepentingan finansial oknum tertentu, team Rekrutmen di berbagai perusahaan disibukkan dengan pencatutan nama mereka untuk modus Penipuan tiket travel.

Dalam 2 minggu ini saja, saya dihadapkan pada 2 kasus. Kasus pertama, nama saya sendiri dicatat sebagai pejabat dalam surat panggilan test palsu dari sebuah bank BUMN dimana saya pernah bekerja. Kasus kedua, panggilan test palsu atas nama perusahaan saya sekarang dengan mencatut nama pejabat lama.

Modus penipuan panggilan test palsu umumnya dilakukan seperti ini:

  1. Panggilan Test Rekrutmen dikirim ke calon korban, lengkap dengan kop surat, Jadwal test, No HP utk konfirmasi kehadiran test. Sudah tentu nomor HP ini adalah bagian dari komplotan.
  2. Calon korban dipanggil untuk test di luar kota namun diminta untuk membayar sendiri biaya tiket dan akomodasi untuk dijanjikan diganti di lokasi test.

  3. Untuk mempermudah, calon korban diminta untuk menghubungi travel agent yang ditunjuk untuk pembelian e-tiket dan akomodasi. Dicantumkan pula nomor HP untuk dihubungi dan memproses akomodasi ini.
  4. Calon korban yang tidak waspada akan tertipu dan mentransfer biaya pembelian tiket/akomodasi ini.

Varian modus:

  • Ada beberapa komplotan yang memasang lowongan kerja palsu di beberapa website penyedia jasa jual beli/service. Calon korban yang melamar akan dipanggil utk butir 1 tadi
  • Ada yang setelah ditransfer uangnya, tidak dikirim e-ticket nya. Ini modus yang paling kasar
  • Ada yang e-ticket nya dikirim, tapi sampai di Bandara ternyata palsu atau telah dibatalkan sepihak oleh travel abal-abal tadi. Ini tampak lebih halus karena e-tiket nya asli tapi batal
  • Ada yang memang tiketnya asli dan korban terbang ke luar kota. Jadi penipu hanya ambil untung dari selisih harga tiket. Modus ini terlihat paling halus tapi justru paling menyengsarakan karena korban akan terlunta di luar kota.

Walaupun secara sepintas modus ini sederhana, tapi toh tidak sedikit juga pencari kerja yang terjerat. Seperti korban Mama Minta Pulsa, ternyata cukup banyak yang terjerat modus ini.

Tips untuk Pencari Kerja:

  1. Pastikan anda melamar melalui website resmi perusahaan atau website khusus lowongan kerja yang kredibel
  2. Selalu lakukan konfirmasi panggilan test ke nomor telepon yang terdaftar di website resmi perusahaan yang anda lamar atau datangi cabang/outlet terdekat dari perusahaan yang anda lamar.
  3. Jangan pernah mengeluarkan uang sendiri untuk proses rekrutmen. Bila anda harus mengeluarkan uang, itu bisa berarti 3 hal.
  •   Perusahaan yang anda lamar tidak bonafid, atau
  • Ada oknum perusahaan yang bermain untuk kepentingan pribadi, atau
  • Anda berhadapan dengan modus Penipuan

 

Waspadalah!

Contoh surat penipuan:

Modus Penipuan

 

Advertisements

About Erwin Muniruzaman

A seasoned HR Practitioner with a span almost 15 years on overall HR experience practice of strategizing, policy making and running HR Service operations in Banking Industry and Retail in Indonesia. Developing HR strategy and practice align with Business Strategy as continuous goals. A passionate Reward designer, genuine Talent strategist and enthusiast Problem solver that always eager to share his ideas, opinions and experiences about HR related topics (especially Indonesian cases) to public, as a speaker as well as a HR blog writer in his personal blog/LinkedIn Profile : http://www.mewarisgagasan.wordpress.com https://id.linkedin.com/erwinmuniruzaman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: