Waspada! Panggilan Rekrutmen Berujung Penipuan Tiket

Di saat warga Indonesia sedang heboh membahas dugaan pencatutan nama Presiden untuk kepentingan finansial oknum tertentu, team Rekrutmen di berbagai perusahaan disibukkan dengan pencatutan nama mereka untuk modus Penipuan tiket travel.

Dalam 2 minggu ini saja, saya dihadapkan pada 2 kasus. Kasus pertama, nama saya sendiri dicatat sebagai pejabat dalam surat panggilan test palsu dari sebuah bank BUMN dimana saya pernah bekerja. Kasus kedua, panggilan test palsu atas nama perusahaan saya sekarang dengan mencatut nama pejabat lama.

Modus penipuan panggilan test palsu umumnya dilakukan seperti ini:

  1. Panggilan Test Rekrutmen dikirim ke calon korban, lengkap dengan kop surat, Jadwal test, No HP utk konfirmasi kehadiran test. Sudah tentu nomor HP ini adalah bagian dari komplotan.
  2. Calon korban dipanggil untuk test di luar kota namun diminta untuk membayar sendiri biaya tiket dan akomodasi untuk dijanjikan diganti di lokasi test.

  3. Untuk mempermudah, calon korban diminta untuk menghubungi travel agent yang ditunjuk untuk pembelian e-tiket dan akomodasi. Dicantumkan pula nomor HP untuk dihubungi dan memproses akomodasi ini.
  4. Calon korban yang tidak waspada akan tertipu dan mentransfer biaya pembelian tiket/akomodasi ini.

Varian modus:

  • Ada beberapa komplotan yang memasang lowongan kerja palsu di beberapa website penyedia jasa jual beli/service. Calon korban yang melamar akan dipanggil utk butir 1 tadi
  • Ada yang setelah ditransfer uangnya, tidak dikirim e-ticket nya. Ini modus yang paling kasar
  • Ada yang e-ticket nya dikirim, tapi sampai di Bandara ternyata palsu atau telah dibatalkan sepihak oleh travel abal-abal tadi. Ini tampak lebih halus karena e-tiket nya asli tapi batal
  • Ada yang memang tiketnya asli dan korban terbang ke luar kota. Jadi penipu hanya ambil untung dari selisih harga tiket. Modus ini terlihat paling halus tapi justru paling menyengsarakan karena korban akan terlunta di luar kota.

Walaupun secara sepintas modus ini sederhana, tapi toh tidak sedikit juga pencari kerja yang terjerat. Seperti korban Mama Minta Pulsa, ternyata cukup banyak yang terjerat modus ini.

Tips untuk Pencari Kerja:

  1. Pastikan anda melamar melalui website resmi perusahaan atau website khusus lowongan kerja yang kredibel
  2. Selalu lakukan konfirmasi panggilan test ke nomor telepon yang terdaftar di website resmi perusahaan yang anda lamar atau datangi cabang/outlet terdekat dari perusahaan yang anda lamar.
  3. Jangan pernah mengeluarkan uang sendiri untuk proses rekrutmen. Bila anda harus mengeluarkan uang, itu bisa berarti 3 hal.
  •   Perusahaan yang anda lamar tidak bonafid, atau
  • Ada oknum perusahaan yang bermain untuk kepentingan pribadi, atau
  • Anda berhadapan dengan modus Penipuan

 

Waspadalah!

Contoh surat penipuan:

Modus Penipuan

 

About Erwin Muniruzaman

A seasoned HR Practitioner with a span almost 15 years on overall HR experience practice of strategizing, policy making and running HR Service operations in Banking Industry and Retail in Indonesia. Developing HR strategy and practice align with Business Strategy as continuous goals. A passionate Reward designer, genuine Talent strategist and enthusiast Problem solver that always eager to share his ideas, opinions and experiences about HR related topics (especially Indonesian cases) to public, as a speaker as well as a HR blog writer in his personal blog/LinkedIn Profile : http://www.mewarisgagasan.wordpress.com https://id.linkedin.com/erwinmuniruzaman

5 comments

  1. Gugun

    Terimakasih banyak pak infonya sangat bermanfaat, hampir saya kena juga. Dan sepertinya masih banyak yg lain yg berpotensi kena juga.
    Saya agak curiga ketika saya dihubungi sama travel agent-nya yg “seperti bukan travel agent” dengan bahasa yg memaksa untuk transfer segera dengan uang seadanya 🙂
    Jika saya komunikasi by texting, mungkin sya juga sudah tertipu. Karena penasaran maka gugling-lah segera setelahnya.
    Dan saya menemukan ini. Alhamdulillah saya masih dilindungi.
    Yang menjadi saya percaya adalah:
    – si penipu posting loker aplikasi terpercaya Li***dIn, yg mana saya juga agak heran kok bisa ya?
    – besoknya, saya di email dengan melampirkan surat panggilan (PT. INALUM di Medan, saya domisili Jakarta)
    – bbrp jam setelah menerima email, saya di-sms
    – bbrp jam setelah di-sms, saya menerima email notifikasi dari Lin***dIn bahwa aplikasi saya sudah dilihat (seneng donk wkwkwkw…)
    – di surat panggilan tsb disebutkan bahwa semua biaya yg timbul (transportasi & akomodasi, dll) akan diganti segera setelah proses wawancara selesai, serta menyebutkan travel agent yg sudah ditunjuk lengkap dgn contact person nya.
    – kepo donk saya chat no wa yg tertera di surat panggilan. Dan…tara…baru saya bersalam eee… langsung dong dia nelp via wa. saya gak angkat trus dia chat dgn bahasa yg kurang pas gimana gitu.
    Nggak lama dia nelp lagi menjelaskan bla..bla..bla..yg bahasa dan aksen yg “dipaksakan” akting as karyawan travel agent.
    – jiwa analyst saya terpanggil untuk menjadi smart job seeker 🙂 dan ketemu lah situs ini

    Terima kasih Pak Erwin

    Like

  2. Asminel

    saya juga terima email panggilan seleksi ke jakarta dan juga di tanggung biaya akomodasi, katanya dari bank mandiri, dan saya harus pesan tiketnya ke wina tour and travel, untung saya menghubungi call center bank mandiri dan bertanya langsung, ternyata benar itu penipuan dan wina tour and travel nya saya lihat akun twitternya juga memberikan pernyataan hati2 penipuan yang mngatas namakan travelnya

    Like

  3. Sonny

    Lhooo…kok ada kejahatan macam ini hari gini masih belum di gulung sama pihak berwajib ya…

    Like

  4. Terimakasih banyak Pak informasinya.. hampir saja saya kena korban penipuan ini.. alhamdulillah dipertemukan dengan artikel ini

    Like

  5. meri yulizarni

    terima kasih infonya pak, hampir saya menjadi korban,, sekali lagi terima kasih banyak pak,,

    Like

Leave a comment